Harga satuan ikan hias dari Indonesia jauh lebih murah US$ 60.745/ton daripada Singapura sebagai eksportir No.1 ikan hias ke Jepang.  

Namun, Singapura  juga merupakan negara tujuan ekspor utama ikan hias Indonesia selama tahun 2006 sd 2010. Hal ini dapat disimpulkan bahwa banyak produk ikan hias Indonesia dibudidayakan atau dijual kembali ke Jepang oleh Singapura. Sementara itu, Singapura mengekspor ikan hias ke Jepang dengan harga lebih mahal dari Indonesia. Tabel 3.2 juga menunjukkan bahwa Jepang merupakan negara tujuan ekspor ikan hias Indonesia No. 3. Hal ini membuktikan bahwa banyak pengusaha Indonesia mampu mengekspor langsung ke Jepang tanpa negara perantara. Untuk itu diharapkan agar para pengusaha ikan hias Indonesia dapat memanfaatkan peluang pasar Jepang tanpa mengekspornya terlebih dahulu ke negara perantara (Singapura) sehingga keuntungan yang diperoleh oleh pengusaha Indonesia menjadi lebih besar.

Dijelaskan sebelumnya bahwa pos tarif yang tarif bea masuknya belum dihapuskan adalah HS 0301.10.010, namun akibat adanya perjanjian dagang bebas (Free Trade Agreement - FTA) antara Indonesia dan Jepang dalam kerangka IJEPA dan AJCEP maka tarif bea masuk pos tarif tersebut berangsur-angsur diturunkan untuk akhirnya nanti dieliminasi. Selain itu dalam Tabel 2.4. Jepang mengimpor ikan jenis tersebut dari Dunia sebanyak US$ 0,03 juta, sedangkan Indonesia mampu mengekspor ikan hias jenis tersebut ke Dunia sebesar US$ 0,25 juta. Hal ini merupakan peluang bagi Indonesia apabila mampu dan sukses membudidayakan jenis ikan tersebut, maka Indonesia dapat mengekspor jenis ikan tersebut ke Jepang tanpa dikenakan tarif bea masuk.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar ikan hias Indonesia dengan negara pesaing lainnya khususnya di Jepang, maka pengusaha ikan hias hendaknya dapat melakukan hal-hal sebagai berikut :

a. Tanpa Negara Perantara. Para pengusaha ikan hias Indonesia diharapkan dapat mengeskpor secara langsung ke Jepang tanpa negara perantara, karena keuntungan penjualan ikan hias yang didapatkan akan lebih besar.

b. Aktif Mengikuti Pameran. Meskipun Indonesia sering melaksanakan pameran ikan hias yang berskala internasiona丨 di dalam negeri, namun untuk merealisasikan strategi pada poin (a), maka para pengusaha ikan hias diharapkan dapat secara aktif berpartisipasi dalam pameran ikan hias yang dilaksanakan di Jepang setiap tahunnya, seperti yang tercantum pada Bab IV.

c. Proaktif dengan Perwakilan Dagang Luar Negeri. Para pengusaha juga diharapkan secara proaktif menghubungi dan mengikuti perkembangan dari Perwakilan Perdagangan Luar Negeri Indonesia di Jepang,dalam hal ini melalui Atase Perdagangan di KBRI Tokyo maupun ITPC Osaka.

Add comment


Security code
Refresh

Features

Leleupi, Lemon Cichlid

Neolamprologus leleupi, atau ...

Le salon ExpoZoo

Le salon ExpoZoo

Bandung Louhan Explosure ...

Ibarat teknologi yang terus ...

Kontes ikan hias nasional IV, ...

Dengan tujuan meningkatkan ...

Profil Beberapa Peternak Ikan ...

Salah satu contoh peternak ...

Silakan Login untuk memasang iklan jual-beli.

Jual-beli

canister EHEIM Pro3 600L

Halo agan" saya mau jual canister EHEIM Pro3 600L ...

BolehDeals Aquarium LED ...

No Warranty

USB Desktop Aquarium

No Warranty

Aquarium Fish Tank Water ...

No Warranty

Jual aquarium / akuarium ...

Jual aquarium / akuarium merk fishland seperti ...

Air Bubble Stone Aerator ...

No Warranty

Event

Le salon ExpoZoo

Le salon ExpoZoo

KONTES IKAN SILUK ...

KONTES IKAN SILUK (AROWANA) DAN PAMERAN IKAN ...

EXPO SALONS - ANIMAL EXPO

EXPO SALONS - ANIMAL EXPO

Aquabex 2015: Bekasi ...

Bagi anda yang berdomisili di sekitar kota ...

Community

Most read news

Tentunya akan ...
Filter samping dewasa ...
Sektor kelautan dan ...
Resep pakan ikan yang ...
Latar belakang ...
Pada edisi sebelumnya ...
Filter akuarium tidak ...
Rasanya agak sulit ...
Pada artikel kami di ...

Who's Online

We have 5 guests and no members online

This site stats

Website ini masih dalam tahap pengembangan. Kami mohon kritik dan saran Anda untuk perbaikan layanan. Saran dan Komentar.

Live chat

Live chat

To help us serve you better, please provide some information before we begin your chat.