Masyarakat penghobi louhan Bandung seharusnya bisa f f berbangga dengan telah digelarnya event yang baru pertama kali diadakan di Indonesia, bahkan di tingkat dunia sekalipun, yaitu balapan louhan, tutur Hasan Kurniawan sebagai Ketua Panitia Lomba.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menguji ketangkasan, dan kesehatan ikan, faktor utama yang mendasar untuk memenangkan lomba ini adalah mental ikan dan kecepatan beradaptasi terhadap media baru.

Perlombaan yang diselenggarakan atas inisiatif Club Louhan Bandung di sela-sela penyelenggaraan Pameran Rumah, Furniture dan Perlengkapan yang diselenggarakan di Land Mark Building yang puncak acaranya pada tanggal 6 Juli 2003 cukup menyedot perhatian masyarakat louhan mania. Disamping merupakan tontonan yang menarik dan menimbulkan gelak tawa dan kegelian, karena acapkali louhan yang diduga akan berenang cepat menghampiri betina, seringkali berbalik arah ke tempat start semula.

Perlombaan yang berhadiah VCD dan elektronika lainnya menimbulkan antusiasme yang cukup besar seperti ditunjukan oleh jumlah peserta yang berpartisipasi. Sekitar 25% peserta berasal dari masyarakat pencinta louhan, sedang 75% dari club dan anggota louhan. Perlombaan yang murah meriah dengan uang pendaftaran sebesar Rp 35.000,- bisa jadi merupakan catatan khusus bagi event organizer penyelenggara kontes untuk melestarikan perlombaan serupa, setidaknya masyarakat pencinta louhan tidak merasa terlalu berat untuk bisa tampil karena biaya pendaftaran yang murah.

Peraturan Balap Louhan :

• Ikan dimasukkan akuarium balapan sepanjang 3 m yang telah disediakan panitia.

• Ikan diberikan tenggang waktu 5 menit untuk beradaptasi dalam arena balapan.

• Peserta tidak diperkenankan memasukan tangannya ke dalam akuarium balapan.

• Peserta diperbolehkan menuntun ikannya sampe garis tengah arena balapan, dengan menggunakan kaca cermin yang telah disediakan panitia.

• Bilamana peserta menuntun ikannya melebihi garis tengah akan didiskualifikasi

• Ikan yang sampai terlebih dulu di ujung akuarium dimana ditempatkan ikan perot betina, dinyatakan sebagai pemenang. Bilamana dalam 10 menit ke 2 ikan tidak sampai garis finish, yang berada paling jauh dinyatakan sebagai pemenang.

• Keputusan panitia mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

• Ikan yang telah kalah diperbolehkan mendaftar kembali dengan batas 3 kali pendaftaran dengan ikan yang sama /baru.

Komentar & Kesan :

Beberapa komentar yang penulis temui dari peserta, diantaranya adalah Uthay asal Pelesiran Bandung yang memiliki jenis ikan Cencu. Diakuinya bahwa ikan tersebut sangat agresif dan memiliki respon yang sangat tinggi bila berhadapan dengan orang. Gerakannya lincah dan mau mengejar tiap gerakan yang mendekatinya baik itu tangan atau organ tubuh orang lainnya. Pada kejuaraan ini, dirinya mengakui bahwa perlombaan ini tidak segampang yang diduga, semula ia yakin dan optimis louhan miliknya menang, namun harapan tinggal harapan, semua tergantung adaptasi louhan yang bersangkutan.

Disela-sela kegiatan lomba, Paulus yang lebih sering bertindak sebagai wasit lomba mengungkapkan bahwa kegiatan balap louhan seperti ini pernah diselenggarakan saat kontes di NHI namun kala itu waktu penyelenggaraannya tidak tepat. Perlombaan saat ini memperlihatkan adanya respon dari masyarakat, kalah ataupun menang sepertinya tidak menjadikan beban karena hal tersebut benar-benar dianggap sebuah hiburan.

Pertarungan sengit di arena balapan terjadi saat semi final berlangsung,. Aka yang memancing louhannya untuk melaju mengejar louhan betina dengan menggunakan sebuah topi warna merah dan hitam berhasil menyingkirkan rivalnya yaitu louhan milik Paulus. Beberapa penonton sepertinya lebih banyak menjagokan louhan yang menggandrungi topi itu. Meskipun demikian ternyata louhan Nandi lebih menunjukkan agresifitasnya dalam mengejar betina. Salah seorang pengunjung sempat berkata, juara dari perlombaan ini bisa jadi adalah louhan yang mata keranjang, sekali lihat betina sontak mengejar, yang diikuti oleh gelak tawa oleh pengunjung lainnya. 

Juara balapan louhan dan mendapat hadiah VCD Player direbut oleh Nandi sebagai Juara 1, juara 2 dan 3 masing-masing direbut oleh Aka dan Paulus. (W. Suprianto)

Comments   

0 #1 Raditya 2016-12-18 11:08
Seru juga yah ada balapan ikan. :-)
Quote

Add comment


Security code
Refresh

Features

Bandung Louhan Explosure ...

Ibarat teknologi yang terus ...

Daftar Alamat Balai dan Loka ...

Daftar Alamat Balai dan Loka ...

Informasi Kontak Perdagangan ...

Informasi Kontak Perdagangan ...

Sekilas Kiprah Cupang Hias di ...

Maraknya Louhan di Indonesia, ...

Le salon ExpoZoo

Le salon ExpoZoo

Jual-beli

USB Desktop Aquarium

No Warranty

Jual aquarium / akuarium ...

Jual aquarium / akuarium merk fishland seperti ...

Ultra-quiet Mini DC12V ...

No Warranty

Air Bubble Stone Aerator ...

No Warranty

Aquarium Fish Tank Water ...

No Warranty

BolehDeals Aquarium LED ...

No Warranty

Silakan Login untuk memasang iklan jual-beli.

Event

Aquabex 2015: Bekasi ...

Bagi anda yang berdomisili di sekitar kota ...

EXPO SALONS - ANIMAL EXPO

EXPO SALONS - ANIMAL EXPO

Le salon ExpoZoo

Le salon ExpoZoo

KONTES IKAN SILUK ...

KONTES IKAN SILUK (AROWANA) DAN PAMERAN IKAN ...

Community

Most read news

Tentunya akan ...
Filter samping dewasa ...
Resep pakan ikan yang ...
Filter akuarium tidak ...
Pada edisi sebelumnya ...
Rasanya agak sulit ...
Pada artikel kami di ...
Arwana merupakan jenis ...
Seperti diungkapkan ...

Who's Online

We have 9 guests and no members online

This site stats

Website ini masih dalam tahap pengembangan. Kami mohon kritik dan saran Anda untuk perbaikan layanan. Saran dan Komentar.

Live chat

Live chat

To help us serve you better, please provide some information before we begin your chat.