Mungkin sering kita menduga bahwa satu-satunya kerabat arowana hanyalah ikan arapaima (arapaima gigas) dari sungai amazon. Pada kenyataannya tidak demikian.

Arowana termasuk dalam keluarga bony- i tounge (berlidah tulang% dan dalam family ini masih terdapat dua jenis ikan lainnya, yaitu: Knifefish dan African butterfly (Pantodon buchholz). African butterfly adalah satu-satunya ikan dalamfamUy Pantodontidae. Ikan ini sangat mirip dengan ikan arowana dan knifefish yang termasuk dalam genus Osteoglossidae, karena memang masih termasuk dalam satu keluarga yaitu dalam family Bony tounge fish (Osteoglossiformes ). African butterfly atau ikan kupu-kupu berasal dari perairan tropis afrika barat, terutama Nigeria, Cameroon dan Zaire di daerah selatan Niger, danau Chad, Congo dan daerah utara sungai Zambezi.

Ikan ini hidup di permukaan air di sungai-sungai yang mengalir lamban dan di genangan-genangan air yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan dipenuhi oleh cabang- cabang pohon yang menjorok ke air. Lingkungan seperti ini tentu saja kaya dengan serangga yang menjadi makanan pokok dari ikan ini.

Sebagai penghuni perairan atas, butterfly fish dapat dipelihara di akuarium berair dangkal. Ikan ini tidak rewel mengenai makanan, tetapi agar dapat tetap sehat, mereka membutuhkan serangga sebagai salah satu menu utamanya. Walaupun butterfly fish merupakan predator, ikan ini cenderung tidak memangsa ikan-ikan yang lebih kecil. Meskipun demikian, akan lebih baik apabila tidak mencampur ikan ini dengan ikan-ikan lain yang juga mempunyai daerah renang di perairan atas, seperti Hatchetfish. Sebaliknya butterfly fish bisa dicampur dengan aman bersama ikan-ikan yang berenang di bagian tengah dan bawah, karena ikan ini tidak pernah tercatat mencari makan di dalam air, selain di permukaan saja. Bila hendak memeliharanya, permukaan air di akuarium haruslah tenang, dan tidak mengalir. Mereka mencari makan berdasarkan kontak dengan permukaan air. Itulah salah satu sebab mengapa tidak disarankan mencampur ikan ini dengan sesama penghuni perairan atas, karena gerakan-gerakan ikan lain bisa menggangu instink butterfly fish. Butterfly fish diketahui hanya tumbuh sekitar 10 cm saja.

Salah satu fakta yang menarik dari ikan ini adalah mereka mendapatkan namanya dari sirip pectoralnya yang tampak seperti sayap kupu-kupu. Sirip ini tidak sepenuhnya membantu ikan tersebut untuk 'terbang', akan tetapi lebih membantu dalam posisi mengambang. Mereka akan melompat untuk menyambar mangsanya. Secara pasti ikan ini mampu melompat hingga sejauh 2 meter. Meskipun demikian mereka tidak mengambang atau terbang menggunakan ’sayapnya' ( ikan yang benar-benar terbang menggunakan sayapnya adalah ikan hatchetfish dari amerika selatan).

Karena kebiasaan “terbangnya” ini, disarankan untuk menanam tanaman mengambang seperti duckweed untuk mengurangi kebiasaannya tersebut, dengan tetap menyediakan area yang bebas dari tanaman tersebut. Akuariumnya sendiri tentu saja harus tertutup dengan sangat baik. Kondisi air yang diperlukan bagi kehidupan Butterfly fish adalahharuslah soft (<10°dGH) dan agak masam (pH<6.5). Filtrasi melalui peat sangat direkomendasikan. Penerangan sebaiknya tidak terlalu terang, karena pada kondisi alamnya sendiri ikan ini hidup di hutan-hutan yang penuh dengan tanaman, sehingga airnya sendiri tentu saja dipenuhi daun-daun yang membusuk, kondisi airnya asam, dan sinar matahari sulit menembus air karena pepohonan yang sangat rimbun. Ikan jantan memiliki sirip anal yang melengkung, sementara ikan betina memiliki sirip yang lurus. Walaupun membedakan ini cukup mudah, tetapi breeding ikan ini dalam akuarium cukup sulit dilakukan. Temperatur air tidak terlalu kritikal selama tidak terlalu ekstrem (terlalu panas atau terlalu dingin)

Secara umum, butterfly fish adalah ikan yang sangat unik, dan sangat menarik untuk dipelihara. Walapun tidak tampak terlalu cantik, ikan ini tetap merupakan ikan koleksi yang mengagumkan.

Referensi:

 

Johannes S. (2003). African Buterfly Fish. Aquatica Magazine Vol.01 No.03, 16.

Comments   

0 #3 BestCecilia 2018-11-02 08:09
I have noticed you don't monetize your site, don't waste your traffic, you can earn extra cash every month.
You can use the best adsense alternative for any type of website (they approve
all websites), for more details simply search in gooogle: boorfe's tips monetize your website
Quote
0 #2 VirgieJuicy 2018-10-28 15:57
Hi. I see that you don't update your site too often. I know that writing articles is boring and time consuming.
But did you know that there is a tool that allows you to create new articles using existing
content (from article directories or other blogs from your niche)?
And it does it very well. The new articles are high
quality and pass the copyscape test. Search in google and try: miftolo's
tools
Quote
0 #1 BestAshlee 2018-09-07 15:05
I have noticed you don't monetize your page, don't waste your traffic, you can earn additional cash every month.
You can use the best adsense alternative for any type of website (they approve
all websites), for more details simply search in gooogle: boorfe's
tips monetize your website
Quote

Add comment


Security code
Refresh

Features

Daftar Alamat UPT Pusat ...

Daftar Alamat UPT Pusat ...

Ikan Badut

Cantik, lucu, dan ...

Borneo Sucker (Gastromyzon ...

Borneo sucker merupakan ikan ...

African Buterfly Fish

Mungkin sering kita menduga ...

Bichir: Ikan Karuhun dari ...

Ikan dari genus Polypterus ...

Jual-beli

BolehDeals Aquarium LED ...

No Warranty

Ultra-quiet Mini DC12V ...

No Warranty

canister EHEIM Pro3 600L

Halo agan" saya mau jual canister EHEIM Pro3 600L ...

Air Bubble Stone Aerator ...

No Warranty

Aquarium Fish Tank Water ...

No Warranty

Jual aquarium / akuarium ...

Jual aquarium / akuarium merk fishland seperti ...

Silakan Login untuk memasang iklan jual-beli.

Event

EXPO SALONS - ANIMAL EXPO

EXPO SALONS - ANIMAL EXPO

KONTES IKAN SILUK ...

KONTES IKAN SILUK (AROWANA) DAN PAMERAN IKAN ...

Aquabex 2015: Bekasi ...

Bagi anda yang berdomisili di sekitar kota ...

Le salon ExpoZoo

Le salon ExpoZoo

Community

Most read news

Tentunya akan ...
Filter samping dewasa ...
Resep pakan ikan yang ...
Filter akuarium tidak ...
Pada edisi sebelumnya ...
Rasanya agak sulit ...
Pada artikel kami di ...
Arwana merupakan jenis ...
Seperti diungkapkan ...

Who's Online

We have 16 guests and no members online

This site stats

Website ini masih dalam tahap pengembangan. Kami mohon kritik dan saran Anda untuk perbaikan layanan. Saran dan Komentar.

Live chat

Live chat

To help us serve you better, please provide some information before we begin your chat.